JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pertanian Di Sulawesi Utara Tidak Berhenti Lawan Covid-19: Petani Panen Padi Kegiatan IPDMIP

Sulawesi Utara, 08 April 2020. Kegiatan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) di Sulawesi Utara, saat ini mulai melakukan panen. Setelah di louncing, kegiatan ini di Sulawesi Utara hanya ada di Minahasa Selatan Dan Bolmong.

Ikuti Juga: Pendampingan Via Media On Line....

Menurut Treis Walukow, saat ini petani pelaksana mulai melakukan panen di daerah aliran sungai Ranoyapo Tompaso Baru Minahasa Selatan. Sesuai laporan Penyuluh Pertanian (PP) pendamping lapangan kegiatan ini France Sumampow, bahwa padi varietas Inpago-8 sudah di panen. Walau kami harus “cerdik” keluar rumah karena gema publikasi pandemic Covid-19 dan memitigasinya agar kami aman dan sehat selalu, ujar France Sumampow.

Ikuti Juga: Teknik Pengambilan Contoh Tanah Sawah

Pada lahan demplot luas sekitar 1,5 ha, hasil hitungan di lapangan mencapai 10,4 ton per ha gabah kering panen (GKP). Menurut ketua kelompok Matuari (Bersaudara), bapak Decky Sumajow, hasil ini cukup mengembirahkan karena biasanya panen petani hanya sekitar 4-5 ton per ha, dengan penerapan teknologi jarwo dan pendampinga dari penyuluh pertanian, hasilnya naik 100 persen, ungkap Decky.

Ikuti Juga: Perang Melawan Covid-19 di Minahasa Selatan

Walukow apresiasi penyuluh pendamping, karena dengan setia melakukan pendampingan dan terus menviralkan aktivitas pendampingannya di lapangan. Mengutip harapan bapak Menteri Pertanian agar kita lawan Covid-19 dengan Viralkan (viruskan) aktivitas pertanian di lapangan, itu sudah dilakukan oleh para Garda Pertanian di Sulawesi Utara termasuk Minsel.

Ikuti Juga: Kalian di Rumah Saja Biar Kami Mengawal Petani....

Kegiatan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP), adalah kegiatan integrase partisipasi paertanian yang melibatkan Badan Perencanaan Nasional (Bapenas) yang bekerjasama dengan petani dan semua pihak yang terkait di sekitar daerah irigasi untuk mendukung swasembada pangan yang berkelanjutan.

Ikuti Juga: Giat Tani di Sulawesi Utara

Sulawesi Utara kebagian dua daerah masing-masing di Bolmong dan di kabupaten Minahasa. Dari pantauan tim kami, kegiatan saat ini mulai melakukan panen. Dengan penerapan Inovasi Teknologi Jajar Legowo dan pemupukan berimbang dan pengawalan ketat oleh Penyuluh Pertanian setempat. (#Artur)

Sumber: Ir.Treis Walukow. dan France Sumampow

Editor : Arnold C.Turang,SP.