JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

TIFF 2019 Akan Gunakan Bunga Krisan Karya Penangkar Krisan Kota Tomohon

Tomohon, 10 Nopember 2018---Kota Tomohon setelah mencanangkan sebagai #KotaBunga, beragam iven terus dan bergulir di kota ini. Iven yang penting dan masih terngiang adalah pelaksanaan Tomohon International Flowers Festival (TIFF).

Badan Litbang Pertanian melihat potensi ini sebagai sarana tepat penderasan dan hilirisasi inovasi teknologi hasil Badan Litbang Pertanian, ke pengguna inovasi. Melalui Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), beberapa waktu lalu telah dibentuk penagkar-penangkar Krisan di kota ini.

Sekretaris Balitbangtan Dr.Ir. Muhamad Prama Yufdy,MSc. pada satu kesempatan melakukan pengukuhan para penangkar di kota Tomohon (9/8). Dikandung maksud agar para penangkar menjadi mitra dalam penyediaan bibit Krisan unggul didaerah, untuk para pengembang Krisan di Sulawesi Utara dan kawasan Timur Indonesia.

Pada Senin, 10 Desember 2018, Pemerintah Kota Tomohon, melaksanakan pembinaan kelompok tani penangkar benih/ bibit Krisan. Kegiatan yang dibuka oleh Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir. Vonny Pontoh, MBA. Dalam sambutan Vonny mengingatkan para penangkar agar terus bangun komitmen sebagai penagkar benih Krisan, menghadapi Iven TIFF kedepan. Tidak ada lagi kata tidak, tapi harus mulai produksi benihnya. Tahun depan bunga yang akan digunakan harus dihasilkan oleh penangkar yang di bina saat ini, imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini adalah pakar Krisan dari Balitbangtan Prof. Dr.Budi Marwoto dan kepala Balithi Dr.Ir. Ruddy Soehendi. Beliau-beliau ini memberikan motivasi pada para penangkar, agar terus melakukan kegiatan produksi dengan memanduani SOP produksi benih yang telah di bekalkan pada para penangkar. Hasilkan benih yang baik untuk para pengembang Krisan. Karena kebutuhan bunga potong di Sulawesi Utara dan lebih khusus kota Tomohon cukup tinggi.

Prof Budi, meminta komitmen dan pemberian diri dari para kelompok tani penangkar, agar benar menjadi penangkar benih krisan. Apalagi prospeknya sangat baik di kota Tomohon. Ivent Nasional dan Internasional bunga, di kota Tomohon sudah jadi agenda rutin tahunan. Jadi sangat penting komitmen kuat penangkar harus dibangun menghadapi permintaan benih krisan yang unggul.

Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) melalui Balithi, bekerjasama dengan kelompok  tani penangkar Matuari, mengembangkan varietas: Jayani, Asmarini, Cayapati, Kulo, Irana, Yulita,Riri,Dawayu, Awlani, Sintanur,Harianti, Arasuko dan Cinta. Menurut Indra Salam, ketua kelompok petani Penangkar benih Krisan kota Tomohon bahwa;  varietas-varietas ini masih untuk mother plan.

Berita Terkait: 1.Gatra.com 2. Pilar Pertanian 3. Republika.co.id 

Nantinya hasil dari Mother Plan ini, akan dibagikan pada para anggota poktan penangkar untuk dikembangkan menjadi sumber benih bagi petani pengembang bunga krisan di Tomohon. Masih menurut Indra, bahwa sesuai dengan komitmen bersama Balithi, saat TIFF 2019, kota Tomohon akan hasilkan bunga dari hasil perbanyakan para penangkar di kota Tomohon.

Dr.Ir.Yusuf,MP. Selaku kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara, menyambut baik pelaksanaan kegiatan pembinaan kelompok tani penangkar benih dan bibit bunga Krisan. Dengan kegiatan semacam ini, urai Yusuf menjadi sarana hilirisasi inovasi teknologi Balitbangtan.

Lebih lanjut Yusuf, mendorong para petani yang tergabung dalam kelompok tani penangkar, harus membentuk kelompok-kelompok petani produsen bunga potong bahkan sampai kelompok-kelompok floris. Sehingga kelembagaan dalam sistim produksi bunga potong di kota Tomohon saling berkontribusi. Dan pasti pendapatan petani bunga, akan meningkat, serta ketika menghadapi TIFF 2019kita sudah tidak lagi banyak mendatangkan dari luar bungan Krisan, tapi dihasilkan sendiri oleh penagkar benih Krisan Tomohon, tutup Yusuf.

Menurut Ir. Louise A.Matindas, kegiatan yang diikuti oleh sekitar 30 ketua-ketua kelompok tani penangkar bunga krisan, Pengembang krisan, Ketua Asosiasi Krisan Kota Tomohon dan Floris. Dan kegiatan ini, merupakan tindak lanjut dari kerjasama BPTP Balitbangtan Sulut dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon, dalam mensukseskan #TomohonKotaBunga, timpal Matindas. (*artur)