JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Optimalkan Peran Kostratani, BPTP Sulut akan Menambah BPP Binaan di Minahasa Utara

 

Kalasey, 27/05/2021 .---- Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara, Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kemtan), terus hilirkan program Badan Litbang PertanianTerpadu Penelitian, Pengembangan dan Pemberdayaan Pertanian(ICARE) , atau Korporasi Penelitian Pengembangan dan Pemberdayaan Pertanian Terpadu dengan Komando Strategis Pembanguna Pertanian (Kostratani).

Dalam kegiatan sosialisasi di Minahasa Utara (24/05), Dr.Steivie karouw, STP., M.Sc. akan mengoptimalkan fungsi Kostratani di Sulawesi Utara melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kostratani binaan BPTP di Sulawesi Utara. Terkait hal tersebut, maka setelah membina di Minahasa dan Kota Tomohon, akan menambah 1 (satu) BPP di Minahasa Utara, Karoau berharap agar Dinas Pertanian Minut, dapat membantu BPP yang dapat direferensikan untuk kegiatan ini.

Lanjut Karouw, salah satu tugas pendampingan di BPP Kostratani, adalah untuk membumikan penghiliran Inovasi Teknologi Pertanian hasil karya bangsa, pelaku utama dan pelaku pertanian. Harapannya, agar dapat memecahkan permasalahan petani dan pengusaha tani. Tentunya, dengan membangun komunikasi dinamis antara pelaku utama, penyuluh pertanian, peneliti dan pemangku kepentingan yang terkait. Dengan demikian bila ada Inovasi yang perlu perbaikan sesuai kondisi spesifiknya, terkomunikasi dan akan dilakukan perbaikan oleh inventornya.

Menurut penanggung jawab kegiatan ini, Meivie Lintang, STP. MSi., Bahwa program rancangan ini dilaksanakan pada tahun 2022 s / d 2027 dengan tujuan: mengembangkan sistem produksi pertanian diversifikasi dan rantai nilai produk pertanian yang inklusif di kawasan / lokasi pertanian terpilih untuk mendukung ketahanan pangan berkelanjutan melalui kegiatan dan pemberdayaan hasil penelitiandan pengembangan pertanian yang ketahanan pangan berkelanjutan melalui kegiatan dan pemberdayaan hasil penelitiandan pengembangan pertanian ketahanan pangan berkelanjutan melalui kegiatan dan pemberdayaan hasil penelitiandan ketahanan pangan berkelanjutan melalui kegiatan dan pemberdayaan hasil penelitiandan pengembangan pertanian integratif dan kolaboratif.

Lanjut Lintang, diharapkan kegiatan ini akan berkembang berbasis inovasi dan korporasi pertanian mendukung ketahanan pangan dan tujuan percepatan pembangunan pertanian nasional, tutupnya.

Wangke S. Karundeng, MAP., Apresiasi Balitbangtan Kementan dan siapkan BPP Binaan untuk percepatan hilirisasi inovasi teknologi pertanian. Dan untuk BPP yang sudah disiapkan adalah BPP Kauditan Minahasa Utara.

Baca Juga: Klik disini

Kegiatan sosialisasi selain dihadiri oleh Kadis Pertanian Minahasa Utara dan perangkatnya, juga dihadiri oleh tim kerja Kostratani BPTP Balitbangtan Sulut dan tim Kerja I-Care. (#Artur)

Sumber: #Mira