JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bamer Lansu’na Adaptif Juga di Dataran Rendah: Poktan Garuda Tanam Bamer di Paniki Kota Manado

 Kalasey Selasa (4/5). ---  Salah satu kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara (Sulut) untuk komoditi Hortikultura adalah Inovasi Teknologi Bawang Merah (Bamer) yang diadakan di Paniki, kota Manado.

Varietas bawang merah yang ditanam yaitu varietas Lansuna. Varietas ini memang sudah lama menjadi pilihan petani Sulawesi Utara, khususnya di sentra produksinya Minahasa (Tompaso) dan saat ini dengan hadirnya varietas lansuna yang adaptif juga untuk dataran rendah, kegiatan budidaya menyebar di Sulawesi Utara.

Ikuti Juga:  Aneka Produk Bawang Merah ...

BPTP Sulawesi Utara dalam menjalankan tugas dan fungsi (Tusi) sebagai sumber inovasi teknologi pertanian didaerah, telah melakukan kajian adaptasi tanaman bawang merah. Hasil yang didapat dapat berkontribusi pada pertanian spesifik di Sulawesi Utara. Setelah di Minahasa, yang merupakan daerah sentra Bawang Merah di Minahasa, Minahasa Utara, kota Tomohon dan saat ini kota Manado.

Penanaman dilakukan pada lahan kelompok tani (KT) Garuda di Kelurahan Paniki Bawah Mapanget Kota Manado. Olvie Tandi, SP, M.Si selaku Penangung jawab kegiatan menjelaskan luasan lahan yang akan ditanami 0,5 Ha dengan kebutuhan bibit 500 kg dan potensi panen sampai 21 ton / Ha.

Ikuti Juga: BPTP Sulut Terus Hilirkan ...

Hadir pada penanaman di Kepala BPTP Sulawesi Utara Dr. Steivie Karouw, STP, M.Si, Kadis Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado, M. Sofyan, AP, M.Si beserta jajaran, BPP Penyuluh Pertanian Kecamatan Mapanget, Ketua KTNA Kec. Mapanget, dan Ketua KT Garuda Jefri Manembu.

Dalam krisisnya, Kepala BPTP Sulawesi Utara menyampaikan tentang peran BPTP untuk mengawal pembangunan pertanian di Sulawesi Utara.

Ikuti Juga: Teknologi Inovasi Bawang ......

"BPTP yang terkenal di 33 Provinsi se-Indonesia berperan untuk mengawal pembangunan pertanian. Dan secara khusus di Sulawesi Utara, kami telah mengawal program strategis kementerian pertanian untuk kemandirian pangan kita". Jelas Karouw

Karouw juga menjelaskan tentang peluang ekspor komoditas pertanian ke Jepang. Seperti kita ketahui bahwa mulai akhir tahun 2020 lalu telah dibuka penerbangan kargo panggilan langsung dari Bandara Sam Ratulangi - Bandara Narita, Jepang.

Ikuti Juga: Teknologi Budidaya Bawang Merah

Sofyan menyampaikan ungkapan terimakasih kepada BPTP Sulut yang telah mengawal pertanian di Kota Manado yang diwujudkan dalam kegiatan Inovasi Teknologi Bawang Merah ini. Setalah pembukaan, kegiatan kegiatan dengan penanaman bersama. ( * Situs BPTP Sulut

Sumber: Facebook.com oleh BPTP Sulut