JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Walikota Bitung Terima Kalung Eucalyptus

 

Bitung, 13 Juli 2020.---Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, SE.MSi., menyambut baik produk Anak Bangsa disaat pandemic Covid-19. Produk kalung eucalyptus, inhaler, roll on dan oil diffuser, yang dapat menghambat pembiakembang virus corona. Beliau apresiasi Kementerian Pertanian yang persembahkan solusi bagi masyarakat yang diancam oleh Covid-19.

Ikuti Juga:  Teknologi Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya Terpadu: Pengalaman di Minahasa

Lomban, berharap agar produk ini cepat dihasilkan dan beliau siap mengadakan dalam jumlah besar untuk aparatur dan masyarakat, tuturnya saat menerima produk yang diserahkan langsung oleh kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara (Sulut) Dr.Steivie Karouw,STP.MSc., di ruang kerja beliau.

Karouw menjelaskan bahwa; Balitbangtan sebagai salah satu unit eselon satu di bawah Kementerian Pertanian (Kemtan), memiliki mandate melakukan penelitian dan pengembangan pertanian untuk anak bangsa. Termasuk meneliti potensi Eucalyptus yang termasuk jenis tanaman atsiri.

Ikuti Juga: Deras Hilirkan Teknologi Budidaya Pepaya Merah Delima Melalui TVRI Stasiun Manado. 

Saat awal Pandemi Balitbangtan melalui unit kerjanya yang memiliki mandate meneliti bidang tanaman rempah obat dan atsiri menginventarisir beberapa tanaman potensial sebagai peningkat imunitas dan juga antivirus. Data-data diperoleh dari sekitar 50 tanaman hasil Sumberdaya Alam Indonesia yang diidentifikasi dan lebih 20 tanaman yang sudah diekstraksi dan diketahui bahan aktifnya, tutur Steivie.

Ikuti Juga: Petani Milenial Minahasa Utara Optimalkan....

Terdapat 5 bentuk sediaan yang dikembangkan yaitu: roll on, inhaler, balsam, minyak aroma therapy dan kalung aromatherapy dan sudah di daftar patenkan, dan sudah dilisensi oleh mitra industri dan kami dari Balitbangtan telah memesannya ke pihak mitra industri untuk di hilirkan, seperti yang kami serahkan saat ini, tutur Steivie menutup percakapannya dengan Walikota Bitung.

Selain memperkenalkan dan menghilirkan Inovasi Teknologi Pertanian (ITP) eucalyptus, Karouw juga memperkenalkan tugas dan fungsi BPTP Balitbangtan di Sulawesi Utara, hasilkan ITP Spesifik lokasi. Dan harapan beliau dapat disandingkan dengan program di kota Bitung, kedepanya.

Ikuti Juga: Kota Bitung Siap Beli Eucalyptus dalam Jumlah Banyak

Hadir dalam pertemuan Kadis Pertanian kota Bitung, Kasie Kerjasama Penelitian Pengkajian (KSPP) Victor Daniel Tutud,SPi. MSi. Koordintaor Programa dan Evaluasi/ Peneliti Dr.Ir.Jefni Bernedi Markus Rawung,MSi, Penyuluh Pertanian/ Humas PPID Arnold C.Turang,SP.. Serta Humas kota Bitung. (#artur).

Sumber: Tim Humas-PPID