JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Selamat Datang Situs BPTP Balitbangtan * Selamat Baku Dapa * Hentikan Korupsi sebelum Korupsi Menghentikan Karier Anda
Ismail, Dorong Perhiptani Bangun “Panggung” Inovasi Teknologi

Ismail, Dorong Perhiptani Bangun “Panggung” Inovasi Teknologi

Kalasey, 12/10/2021.---Bagaimana kalau Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Wilayah Sulawesi Utara, bangun “Panggung” Inovasi,...

5 Penangkar Benih/bibit Krisan Unggul Balitbangtan Mulai Menerima  Hibah Bibit Unggul

5 Penangkar Benih/bibit Krisan Unggul Balitbangtan Mulai Menerima Hibah Bibit Unggul

Kalasey, Kamis 07 Oktober 2021.---Penangkar Bibit Krisan Binaan Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kemtan), mulai...

Ismail Maskromo, Menerima Mahasiswa Peternakan Unsrat Untuk Magang di BPTP

Ismail Maskromo, Menerima Mahasiswa Peternakan Unsrat Untuk Magang di BPTP

Kalasey, 6 Oktober 2021. BPTP Sulawesi Utara menerima mahasiswa magang dari Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Mahasiswa yang...

Azrai: Sulut Tidak Lagi Menanti Benih Jagung Dari Surabaya, Bahkan Sudah Bisa Mengirim Ke Surabaya

Azrai: Sulut Tidak Lagi Menanti Benih Jagung Dari Surabaya, Bahkan Sudah Bisa Mengirim Ke Surabaya

Sabtu,02 Oktober 2021.--- Memaknai Hari Tani Nasional dan hari Kesaktian Pancasila, Balitserealia dan BPTP Balitbangtan Kementarian Pertanian,...

Apel Kedisiplinan: Ismail Ajak ASN BPTP Sulut, Menata Diri Hadapai Setiap Perubahan

Apel Kedisiplinan: Ismail Ajak ASN BPTP Sulut, Menata Diri Hadapai Setiap Perubahan

Senin, 04 Oktober 2021.---‘Semangat Pagi !’ : Pagi-Pagi-Pagi, Luar Biasa, Tetap Semangat. Begitulah Ismail, menyemangati ASN di BPTP Sulawesi...

  • Ismail, Dorong Perhiptani Bangun “Panggung” Inovasi Teknologi

    Ismail, Dorong Perhiptani Bangun “Panggung” Inovasi Teknologi

    Wednesday, 13 October 2021 06:14
  • 5 Penangkar Benih/bibit Krisan Unggul Balitbangtan Mulai Menerima  Hibah Bibit Unggul

    5 Penangkar Benih/bibit Krisan Unggul Balitbangtan Mulai Menerima Hibah Bibit Unggul

    Thursday, 07 October 2021 07:39
  • Ismail Maskromo, Menerima Mahasiswa Peternakan Unsrat Untuk Magang di BPTP

    Ismail Maskromo, Menerima Mahasiswa Peternakan Unsrat Untuk Magang di BPTP

    Wednesday, 06 October 2021 07:25
  • Azrai: Sulut Tidak Lagi Menanti Benih Jagung Dari Surabaya, Bahkan Sudah Bisa Mengirim Ke Surabaya

    Azrai: Sulut Tidak Lagi Menanti Benih Jagung Dari Surabaya, Bahkan Sudah Bisa Mengirim Ke Surabaya

    Wednesday, 06 October 2021 07:03
  • Apel Kedisiplinan: Ismail Ajak ASN BPTP Sulut, Menata Diri Hadapai Setiap Perubahan

    Apel Kedisiplinan: Ismail Ajak ASN BPTP Sulut, Menata Diri Hadapai Setiap Perubahan

    Tuesday, 05 October 2021 03:04
Pelaku Agribisnis ?...Anda Harus Tahu, Apa Itu GAP...
25 Aug 2021 04:28 - Arnold C.Turang,SP.Pelaku Agribisnis ?...Anda Harus Tahu, Apa Itu GAP

Globalisasi dengan dinamika revolusi industrinya yang semakin memudahkan menjadi peluang yang harus disikapi. Globalisasi yang semakin 'menggombali', tidak lagi mengandalkan hambatan tariff, tapi hambatan teknis. Hambatan teknis terkait dengan persyaratan mutu, keamanan pangan, sanitary dan phytosanitary. Indonesia sebagai Negara Agraris, dengan kekayaan sumberdaya alam dan manusia, dituntut me [ ... ]

Selengkapnya
Tugas Utama Penyuluh Pertanian Ahli Muda
09 Jun 2021 05:57 - Arnold C.TurangTugas Utama Penyuluh Pertanian Ahli Muda

Kalasey, 09 Juni 2021.---Penyuluh Pertanian (PP) adalah jabatan yang memiliki ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi hak dan kewajiban secara penuh oleh pejabat yang berwenang. Sesuai dengan Permenpan Nomor PER/02/MENPAN/2/2008 tanggal 14 Pebruari 2008 dan peraturan bersama Nomor 54/Permentan/0T.210/11/2008 dan Nomor 23A Tahun  [ ... ]

Selengkapnya
Memilih Pohon Naungan Produktif Bagi Tanaman Pala ...
04 Jun 2021 01:37 - Darwin Taula’bi’, A.Md.P.Memilih Pohon Naungan Produktif Bagi Tanaman Pala Yang Belum Menghasilkan

Apakah Naungan Tanaman Pala Dapat Menjadi Sumber Pendapatan Sampingan ? Tujuan petani membudidayakan pala tentunya untuk mendapatkan pendapatan dari hasil penjualan bijinya. Tapi harus disadari pula bahwa dalam proses budidaya, ada tahap dimana bibit pala yang ditanam di lokasi pertanaman akan membutuhkan waktu beberapa tahun pertumbuhan sampai pohon berbuah. Masa tunggu tersebut bisa selang wa [ ... ]

Selengkapnya
Anda Harus Tahu, Cara Membuat Starter Untuk Buat P...
02 Jun 2021 06:51 - Arnold C.Turang, SP.Anda Harus Tahu, Cara Membuat Starter Untuk Buat Pupuk Alami

Merawat Bumi Rumah Kita dengan mengoptimalkan Karya Agung Sang Khalik, akan lebih bermartabat dan membuat keseimbangan terjaga. Bumi ciptaaNya dilengkapi dengan kekayaan yang sesuai sabdaNya harus dikelolah, diusahakan (lihat Kejadian). Keseimbangan alam dalam alam, dapat diberdayakan untuk alam itu sendiri, seperti bahan untuk bio-starter atau efektifitas mikroorganisme (EM) yang sudah kita kenal [ ... ]

Selengkapnya
Artikel lainnya
  • Produk Olahan Cabai Sebagai Solusi Saat Harga Ting...
  • BPTP Sulawesi Utara Melaksanakan Temu Teknis Penyu...

Statistik Pengunjung

2434736
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Keseluruhan
2788
2717
5505
2410025
49482
89652
2434736

Your IP: 10.22.11.10
2021-10-18 21:17

Kenali Industri 4.0 dan Mainkan Untuk Kesejahteraan Manusia

 

 

Diderashilirkan Oleh : Arnold C. Turang dan Yusuf 

Ketika mengikuti Workshop Pengelolah Informasi dan Dokumentasi lingkup Badan Litbang Pertanian yang dilaksanakan di Bekasi, Dr.Ir.Haryono,MS. yang adalah kepala Badan Litbang Pertanian di masanya, memperkenalkan pada peserta teknologi Presisi.

Selanjutnya pada pertemuan akhir di Bandung, masih Workshop terkait dengan TIK, beliau yang saat itu sebagai Rektor Binus, kembali mengingatkan peserta akan pentingnnya teknologi Presis, menjawab kebutuhan pertanian kedepan.

Penguasaan informasi dan teknologi sebagai kunci utama untuk dapat menguasai dunia. Lahan boleh saja berkurang, tapi solusinya kuasai data, wawasan dan inspirasi dari goole. Dengan memainkan jari tangan kita dapat menggerakkan dan mengoptimalkan sumberdaya alam dan manusia.

Saat ini pergerakan teknologi informasi begitu cepat. Menurut google consumer barometer (2017), Dari basis yang rendah saja 29% pada tahun 2013, jumlahnya orang yang mengakses internet di Indonesia telah tumbuh menjadi 56% pada tahun 2017.

Indonesia saat ini, telah berada di tengah-tengah percepatan digital yang belum pernah terjadi sebelumnya. Masih menurut google consumer, orang-orang Asia Tenggara ini, "raksasa" sedang long-on ke internet.Dan Indonesia adalah yang terbesar tumbuh paling cepat diantara mereka. 

Dengan beragm informasi yang masuk dalam Big Data, harus termanfaatkan untuk tujuan kesejahteraan manusia. Kenali dan kuasia teknologi itu untuk diberdayakan bagi kesejahteraan manusia. Teknologi Industri 4.0 harus dimasuki, kuasai dan mainkan.

Industri 4.0 adalah nama tren otomatis dan pertukaran data terkini dalam tenologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber- fisik, internet untuk segala komputasi awan dan komputasi kognitif.

Industri 4.0 menghasilkan pabrik cerdas. Di dalam pabrik cerdas berstruktur monuler, sistim siber-fisik mengawasi proses fisik. Menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dan membuat keputusan terpusat dan akurat.

Melalui internet untuk segala Internet of Things (IoT), sistim siber-fisik berkomunikasi dan bekerjasama satu sama lain dan manusia secara bersama. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.

Istilah :Industri 4.0” berasal dari sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih pemerintah Jerman, yang mengutamakan komputerisasi pabrik.

Istilah Industri 4.0 diangkat kembali di Hannover Fair tahun 2011 pada Oktober 2012 Working Group on Industry 4.0 memaparkan rekomendasi pelaksanaan Industri 4.0 kepada pemerintah federal Jerman. Anggota kelompok kerja Industri 4.0 diakui sebagai bapak pendiri dan perintis Industri 4.0.

Laporan akhir Working Group Industri 4.0 dipaparkan di Hannover Fair tanggal 8 April 2013

Prinsip Rancangan

Ada empat prinsip rancangan dalam Industri 4.0. Prinsip-prinsip ini membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengimplementasikan skenario-skenario Industri 4.0.

  • Interoperabilitas (kesesuaian): Kemampuan mesin, perangkat, sensor, dan manusia untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan satu sama lain lewat Internet untuk segala (IoT) atau Internet untuk khalayak (IoP).
  • IoT akan mengotomatisasikan proses ini secara besar-besaran
  • Transparansi informasi: Kemampuan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dengan memperkaya model pabrik digital dengan data sensor. Prinsip ini membutuhkan pengumpulan data sensor mentah agar menghasilkan informasi konteks bernilai tinggi.
  • Bantuan teknis: Pertama, kemampuan sistem bantuan untuk membantu manusia dengan mengumpulkan dan membuat visualisasi informasi secara menyeluruh agar bisa membuat keputusan bijak dan menyelesaikan masalah genting yang mendadak. Kedua, kemampuan sistem siber-fisik untuk membantu manusia secara fisik dengan melakukan serangkaian tugas yang tidak menyenangkan, terlalu berat, atau tidak aman bagi manusia.
  • Keputusan mandiri: Kemampuan sistem siber-fisik untuk membuat keputusan sendiri dan melakukan tugas semandiri mungkin. Bila terjadi pengecualian, gangguan, atau ada tujuan yang berseberangan, tugas didelegasikan ke atasan.

Implemetasi 4.0

Penggunaan mesin-mesin otomatis yang terintegrasi dengan internet, menjadi ciri dari revolusi industri yang ke-empat atau dikenal dengan 4.0. Kementerian pertanian melalui Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan), telah memulai dengan aplikasi-aplikasi sederhana melalui android. Contoh mudah penerapan Katam Terpadu, Tanam, MyAgri dan lainnya yang tinggal setuhan tangan.

Dunia saat ini telah memasuki era revolusi industri yang ke-empat atau disebut juga Industri 4.0, ditandai dengan penggunaan mesin-mesin otomasi yang terintegrasi dengan jaringan internet.

Sektor pertanian juga perlu beradaptasi untuk menjawab tantangan ke depan. Ke depan, olah lahan, tanam, panen, hingga pengolahan dilakukan menggunakan remote control dari rumah.

Untuk itu "Power your business with the latest data, insights and inspiration from Google". Ketika kita persiapkan data dan wawasan degan inspirasi dari google, pasti bisnis kita lancar ketika kita masukki tahun 2019.

Selamat datang pendatang dunia milenial "Bumi Rumah Kita bersama kita berdayakan untuk kesejahteraan umat manusia."(*Art)

Sumber: media online dan materi-materi mengikuti seminar dan workshop.

Derashilir oleh: Arnold C.Turang dan Yusuf.

Sumber:  Dikembangkan dari hasil Workshop TIK Balitbangtan, https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_4.0