JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
 

Tanaman Budidaya Dalam POT (Tabulapot)

Pendahuluan

Kemajuan dunia saat ini, menjadikan informasi lebih dekat dengan kita, tinggal tergantung kita menguasainya untuk kemakmuran kita.

Informasi Teknologi yang diinginkan dapat di Search saja akan muncul dihadapat kita. Demikian dengan kebutuhan untuk kegiatan pertanian, tingal di cari dan di pelajari disesuaikan dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Fenomena saat ini, kegiatan pertanian semakin dibatasi dengan ketersediaan lahan luas, menjadi sarana kita berinovasi. Untuk kegiatan pertanian lebih praktis namun serius. Apalagi bila keinginan kita untuk mengembangkan buah-buahan, namun terbatas dengan ketersesiaan lahan. Sementara yang kita miliki lahan sempit saja dan di perumahan sempit pula. Teknik budidaya dalam Pot, dapat dijadikan sarana informasi untuk bagaimana bertanam dalam pot.

Informasi pertanian secara on line sebagai sarana informasi dan dikombinasikan dengan kebutuhan kita, serta berkonsultasi dengan orang-orang yang berkopeten adalah hal baik sebagai solusi rencana kita mengembangkan tanaman buah-buahan di lahan sempit. Karena budidaya apapun membutuhkan tata cara yang harus dipenuhi agar bisa berkembang.

Demikian dengan kegiatan budidaya buah-buahan, yang membutuhkan lahan yang luas, dapat diinovasikan ke ruang-ruang lebih sempit dan butuh media lebih kecil pula, dengan catatan harus meniru persyaratan hidup dari jenis tanaman buah yang kita rencana kembangkan.

Tujuan

Memberikan Informasi terkait pengembangan tanaman buah dalam pot, terutama buah yang kita sukai, namun sulit untuk dikembangkan.

Tanaman Buah Dalam Pot

Tanaman Buah-Buahan dalam pot, adalah upaya menirukan wadah tanam dengan media tumbuh yang harus sesuai dan cukup nutrisi untuk tanaman buah yang dikembangkan dapat bertumbuh dan berbuah. Kegiatan ini bukan tujuan produksi buah-buahan secara besar-besaran, namun skalah kebutuhan keluarga.

Namun demikian untuk tujuan bisnis rumah tangga tani, usaha ini bukan tidak bisa. Dengan mengembangkan beragam tanaman buah-buahan skala pot, yang di produksi untuk menghasilkan bahan tanaman dalam pot uttuk di komersilkan, selain dikembangkan di rumah untuk keperluan rumah tangga.

Tanaman Buah dalam Pot, atau wadah tumbuh tentu tidak semudah tanaman buah di alam bebas bertumbuh, berkembang dan menghasilkan buah. Untuk berbuah diperlukan perlakuan khusus agar pertumbuhannya mendekati normal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Sesuaikan iklim tempat kita menanam dengan jenis tanaman yang akan ditanam, tanaman yang cocok untuk dataran tinggi seperti lengkeng dan strawberi tak akan berhasil bila ditanam di daerah rendah yang panas. Faktor iklim (suhu dan kelembaban udara) paling sulit direkayasa, tidak seperti jenis tanah dan sinar matahari (perlu matahari penuh atau naungan).
  2. Pilihlah bibit yang kuat dan cukup umur serta tidak ada tanda cacat, sehingga tidak terlalu lama untuk menghasilkan buah.  Belilah bibit tanaman di tempat penangkar yang terpercaya.
  3. Media tanam harus subur dan gembur.  Biasanya media tanam terdiri dari tanah subur (berwarna gelap), pupuk kandang sebagai tambahan nutrisi dan sekam atau pasir sebagai bahan memperlancar drainase.  Terkadang dipergunakan moss, selain sebagai bahan penggembur juga mengandung nutrisi tanaman.
  4. Pot yang berukuran sesuai (proporsional) dengan jenis tanaman buahnya. Berbeda jenis tanaman buahnya berbeda pula ukuran normal di pot agar mudah berbuah. Tanaman strawberi bisa di pot kecil, sedangkan durian harus dengan pot besar.
  5. Karena keterbatasan media dalam pot, maka akar juga terbatas dalam mencari makanannya, sehingga diperlukan tambahan nutrisi dengan jalan memberikan pupuk organik yang mengandung unsur hara makro (N, P dan K) dan unsur hara mikro seperti Ca dan Mg.
  6. Pengendalian hama, penyakit dan gulma wajib dilakukan agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu karena hal tersebut.  Usahakan meminimalkan penggunaan bahan kimia dalam pengendalian hama, penyakit dan gulma tersebut.
  7. Lakukan pemangkasan yang tepat.  Pemangkasan bertujuan memperpendek tanaman (menyesuaikan ukuran pot), membentuk percabangan yang sesuai dan merangsang keluarnya bunga.
Jenis Tanaman Buah
  1. Buah Durian
  2. Kelengkeng
  3. Jambu Air
  4. Belimbing
  5. Mangga
  6. Rambutan
  7. dll buah
Cara Perbanyakan
  1. Okulasi (bisa juga sudah ada dijual di pasar tani)
  2. Cangkokan
  3. Merunduk
  4. Stek Akar
Penutup

Demikian beberapa Informasi terkait dengan budidaya dalam pot, sebagai upaya mendekatkan kegiatan usaha dan mengelolah ruang sempit sebagai peluang bisnis agruculture.(art)