JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pengolahan Keripik Bayam

Pendahuluan

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau terbaik yang banyak memiliki manfaat untuk tubuh kita. Dalam setiap 100 gram bayam terdapat kandungan gizi berupa 3 gram besi; 81 gram kalsium; 3,2 gram karbohidrat dan 2,3 gram protein. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, vitamin C, niasin, fosfor, kalium, riboflavin, natrium, thiamin, dan magnesium.

Bayam juga mengandung beberapa zat penting seperti: betakaroten, Vitamin C dan E, mangan, seng dan selenium. Antioksidan yang terdapat pada sayur bayam dapat mencegah atherosclerosis, osteoporosis dan tekanan darah tinggi. Bayam juga memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mampu melindungi sel lensa mata manusia dari paparan sinar Ultra Violet, sehingga terhindar dari penyakit katarak pada mata.

Bayam juga mengandung Vitamin A, baik untuk kulit dan mampu mempertahankan kelembabannya. Sehingga akan lebih mudah mencegah munculnya jerawat, keriput, dan mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin K yang terdapat pada sangat baik untuk tulang, karena mampu mencegah osteoporosis, mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang. Vitamin K juga berfungsi untuk menjaga kesehatan fungsi otak dan sistem saraf.

Zat besi yang terdapat pada bayam penting untuk pembentukan sel darah merah, agar Anda tidak kekurangan darah atau anemia sehingga menyebabkan tubuh lemas. Dengan banyaknya manfaat bayam, tidak salah jika sayuran hijau yang satu ini untuk menu makanan sehari-hari.

Daun Bayam sering digunakan untuk bahan dalam membuat masakan dan salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi keripik yang sangat renyah dan gurih. Keripik bayam juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan kering dirumah atau dimana saja

BAHAN DAN ALAT

Bahan yang digunakan untuk pembuatan keripik bayam adalah daun bayam (putih atau merah) 1 kg, tepung beras 250 gram, tepung terigu 250 gram, telur 2 butir, kemiri 100 gram, santan 250 ml, daun jeruk 50 gram, bawang putih 100 gram, merica bubuk 25 gram, gula putih 100 gram, garam secukupnya, bumbu masak jika diinginkan, minyak kelapa 1 liter. Sedangkan alat-alat yang akan digunakan adalah pisau, wajan penggorengan,  kompor, sude, talenan, baskom plastik, toples kaca atau plastik untuk kemasan.

 

CARA PEMBUATAN

1.   Pemilihan Bahan Baku

Pilih daun bayam yang agak tua, lalu cuci sampai bersih. Daun bayam yang telah bersih direndam dalam air agar tidak layu.

  1. Penyiapan Bumbu

Siapkan bumbu bawang putih dan kemiri ditumbuk sampai halus, satu butir kelapa diparut lalu diambil santannya sebanyak 250 ml, dan daun jeruk diiris halus.

  1. Pembuatan Adonan Tepung

Tepung beras dan tepung terigu dicampur, masukkan telur dan santan sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata, masukkan bumbu-bumbu dan aduk hingga tercampur rata. Masukkan daun bayam satu persatu dalam adonan tepung.

  1. Penggorengan

Panaskan minyak kelapa dalam wajan lalu masukkan daun bayam satu per satu sambil dilakukan pembalikan, usahakan daun bayam terendam dalam minyak kelapa yang telah dipanaskan. Goreng daun bayam sampai matang kira-kira 10 menit angkat dan tiriskan.

 

  1. Pengemasan

Keripik daun bayam yang telah dingin dapat dikemas dalam kemasan stoples atau kemasan plastik agar keripik tetap garing.