JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KBD Minahasa Tenggara Menjadi Pelopor Sumber Pangan Keluarga

Pelaksanaan Kebun Bibit Desa di Desa Tombatu, sudah memberikan manfaat bagi masyarakat di lingkungan desa tersebut. Saat dilakukan Sosialisasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di desa ini, masih banyak petani yang belum memanfaatkan pekarangan. Masyarakat masih ketergantungan dengan berbelanja di pasar atau pada motor-motor penjual jajakan sayuran dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Pendapat spesimis, dengan program ini nampak juga ketika tim kerja memperkenalkan kegiatan ini di desa. Penanggung jawab kegiatan Ir. Gabriel H. Josep, dengan gayanya mengaplikasikan metode SDMC (Spectrum Multi Channel Disemination), berhasil menggugah pemuka masyarakat dan berhasil dengan kepeloporan langsung dari kepala desa, kegiatan ini tersosialisasi di masyarakat.

Kepala desa berbekal ilmu dari tim kerja berhasil menggerakkan lingkungan di desa dan ketika ditemui dilapangan, dari 20 anggota yang terlibat, sudah dilaksanakan lagi oleh setiap lingkungan dan mereka datang belajar dan mengambil bibit di KBD.

Menurut penuturan salah satu anggota ibu rumahtangga, bahwa dengan kegiatan ini mereka dapat menghebat biaya belanja sampai Rp. 150.000. dihalaman rumah ibu tersebut sudah bergelantungan model-model media yang ditanami dengan berbagai tanaman sayuran dan bumbu dapur sampai pada tanaman obat keluarga.(*art)

Alamat Youtube: www.youtube.com/watch?v=gkEDj6pwQaQ