JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
 

PENGALAMAN PENDAPINGAN DI KOTA BITUNG

Pengalaman Pendampingan m-KRPL di Kota Bitung.

Oleh: Payung Layuk, Bonifasius Mongan.Arnold C. Turang.

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (m-KRPL), menjadi sorotan utama untuk di kembangkan di seluruh Indonesia. Betapa tidak, menurut kepala Negara, bila simpul ini di gerakkan akan menjadi penopang ketahanan pangan yang sehat. Kegiatan m-KRPL di kota Bitung Mulai Dilaksanakan Tahun  Juli 2011 – 2013.  Hasil dan dampak kegiatan MKRPL adalah sebagai berikut :

MKRPL kota Bitung  telah dilaksanakan di 3 kecamatan yaitu kecamatan  Matuari Waya, kecamatan Ranowulu dan Kecamatan Girian.  Kegiatan MKRPL pertama di mulai Juli Tahun 2011 Di Kecamatan Matuari waya  di kelurahan Sagerat dengan jumlah KK di bulan pertama sebanyak 20 KK namun setelah kegiatan berjalan 2 bulan bertambah  menjadi 27 KK.

Dijumpai beberapa permasalahan di lapangan antara lain  60% KK peserta kegiatan MKRPL menyewa lahan untuk membangun rumah tinggal sehingga setelah kegiatan berjalan 6 bulan, lahan tersebut dijual  oleh tuan tanah sehingga kegiatan tersebut tidak berlanjut lagi. Namun masih ada beberapa keluarga yang melanjutkan  kegiatan tersebut.

Dengan adanya sosialisasi, apresiasi dan kunjungan pengurus PKK Kota Bitung yang dihadiri oleh semua ketua tim penggerak PKK  kota Bitung ke lokasi MKRPL pada awal bulan Desember 2011,  kegiatan ini sudah mulai diadopsi  di kecamatan  Ranowulu dan Danauwudu. Namun dari hasil  data dilapangan diperoleh bahwa terjadi penurunan belanja harian rata-rata  sebesar Rp 150.000 – Rp. 300.000/ bulan dan terjadi peningkatan PPH dari  78 menjadi 85.

Tahun 2012 kegiatan MKRPL dilaksanakan di Kecamatan Ranowulu tepatnya di Kelurahan Kumersot.  Belajar dari pengalaman di kelurahan Sagerat kecamatan Matuawari Waya, maka dijumpai beberapa kemajuan yang luar biasa diantaranya KBD selalu dikunjungi oleh KK yang ada disekitar maupun masyarakat yang melewati jalan tersebut. Sehingga hanya berjalan 1 bulan KK bertambah dari 20 KK menjadi 43 KK.

Berkembangnya kegiatan  selain dilakukannya sosialisasi dan apresiasi, juga adanya kerja sama yang baik dengan pemerintah kota Bitung dan kelembagaan keagamaan yang ada.  Kegiatan pemanfaatan pekarangan selain dilombakan lewat kelurahan juga dilombakan lewat geraja.

Penyebab lain cepat berkembangnya MKRPL di Kecamatan Ranowulu dan disekitarnya karena adanya liputan dan penyiaran lewat TVRI Manado yang dilaksanakan kerjasama BPTP dengan TVRI Manado.  Penyiarannya diputar tidak hanya sekali  tetapi beberapa kali sehingga dampak adopsi dimasyarakat kelihatan.

Tahun 2013  kegiatan MKRPL semakin mengalami peningkatan  dimana  kegiatan   MKRPL selain membina KBD di dua kecamatan juga melaksanakan kegiatan baru di dua kecamatan baru  yaitu  kecamatan Girian dan Kecamatan Maesa. Di Kelurahan Girian Indah dilaksanakan di Asrama Dodik kerja sama dengan Secata-B dengan dengan jumlah KK awal sebanyak 20 KK  dan berkembang menjadi 123 KK setelah berjalan selama 1 bulan.

Kegiatan pemanfaatan pekarangan di Asrama Dodik mulai dirintis oleh ibu-ibu Persit yang awalnya mengikuti apresiasi yang dilaksanakan oleh BPTP  kerja sama dengan pemerintah kota Bitung dan semakin berkembang setelah BPTP melakukan sosialisasi dan memberikan petunjuk teknis pelaksanaan MKRPL dengan Komandan Kodim. Kegiatan ini direspon dengan baik oleh Komandan Kodim Bapak Jemi Marundu dengan cepat dan akhirnya dengan adanya sistem komando  yang masih berlaku di TNI, maka kegiatan ini berkembang dengan luar biasa.

Semua lahan yang ada di sekitar asrama dan perkantoran dimanfaatan dengan tanaman sayuran, tanaman pangan, kolam  ikan (lele, mujair dan Nila) dan kandang ayam/bebek di beberapa rumah. Hasil perhitungan menunjukkan dengan adanya pemanfaatan pekarangan sudah mampu memenuhi kebutuhan sayuran, maupun protein di asrama  jika dikelola dengan lebih baik.

KRPL kota Bitung juga sudah mendapat  dana P2KP dari BKP Provinsi sebanyak 10 kelompok. Salah satu diantaranya adalah asrama Secata B kota Bitung.  Tahun 2013 kelompok ini diusulkan ke pusat sebagai pelaksana kegiatan P2KP  terbaik di Sulawesi Utara. Selain itu sudah dilakukan panen perdana oleh Pangdam  Wirabuana  dan Wali Kota Bitung, dan acara ini juga diliput oleh  BPTP, TVRI Manado dan TV Bitung.

Selain itu kegiatan MKRPL kota Bitung, juga sudah diliput dan  disiarkan oleh TVRI Manado sebanyak 3 kali. Hasil penyiaran ini cukup diapresiasi oleh masyarakat sehingga banyak yang menghubungi BPTP, Dinas Pertanian dan BP4K Kota Bitung untuk mendapatkan informasi teknologi.  Beberapa  kunjungan ke lokasi MKRPL kecamatan Girian antara lain kunjungan oleh Pengurus PKK kota Bitung dan Sinode Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM) untuk dijadikan bahan literatur dalam pengembangan ke  anggota jemaat  yang berada di Wilayah tersebut. Sampai akhir oktober 2013 kegiatan ini masih berjalan dengan baik bahkan masyarakat sekitar sudah mulai mengadopsi kegiatan tersebut.(*art).

Sumber: Payung Layuk Kord.m-KRPL di Kota Bitung.