JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
 

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) Di Desa Taratara III Kecamatan Tomohon Barat Kota Tomohon

Rumah pangan merupakan konsep pemanfaatan lahan pekarangan untuk mendukung ketahanan pangan dengan memberdayakan potensi pangan lokal. Ketersediaan jenis pangan dan rempah yang beraneka ragam  dapat tumbuh dan berkembang dengan mudah di wilayah kita ini.  Namun demikian realisasi konsumsi masyarakat masih dibawah anjuran pemenuhan gizi. Oleh karena itu salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan gizi masyarakat harus diawali dari pemanfaatkan sumberdaya yang tersedia maupun yang dapat disediakan di lingkungannya. Upaya tersebut ialah memanfaatkan pekarangan yang dikelola oleh keluarga.

Ketersediaan bibit adalah kunci keberlanjutan pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Untuk itu MKRPL di Kota Tomohon tepatnya di Taratara III dengan kordinat N.01.315450 dan E.124.783220, telah dikembangkan Kebun Bibit Desa yang melibatkan 20 kepala Keluarga.

Keberhasilan :

Optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan untuk terpenuhinya kebutuhan pangan pada 20 kepala keluarga dan saat ini sudah berkembang sampai 30 kepala keluarga. Dan tidak hanya itu, pemandangan menarik halaman kelompok sasaran seperti dalam gambar diatas, membuat semakin bertambah petani melaksanakan kegiatan ini.

Masyarakat tani dulunya harus menunggu kendaraan penjajak sayuran,atau harus mengeluarkan uang ke pasar, kini tinggal memetik dihalaman dan memasak. Halaman dihiasi dengan tanaman bunga dan tanaman sumber bumbu masak. Selain itu, seperti dalam gambar petugas pendamping saat makan pagi bubur Manado, yang di jual di sekitar KBD. Sumber sayuran penjual bubur manado, berasal dari pekarangan kelompok sasaran.

Kegiatan m-KRPL di Taratara Tiga membawa dampak positif di masyarakat sekitar. Dengan keiatan ini terjadi penghematan biaya rumah tangga sebesar Rp 50.000-60.000/ bulan. Karena dengan memanfaatkan pekarangan, biaya harus berbelanja tidak lagi dan terjadi penghematan serta mendapatkan makanan yang bebas residu bahan berbahaya.

Dengan dilaksananya kegiatan ini pelestarian lingkungan tercipta serta menciptakan sumber pendapatan baru berupa terbangunnya 1 unit rumah makan, dimana dalam gambar diatas petugas pendamping sedang makan di rumah makan yang baru terbentuk setelah adanya m-KRPL dengan Kebun Bibit Desanya sebagai sumber bibit.

Pengalaman Pelaksanaan dari Pencanangan dapat dilihat melalui Video di : KLIK sini

http://www.youtube.com/watch?v=26Ke4dpgKSg (*art-2013).

 

Inventor: Ir.Louise A. Matindas,MP. Arnold C. Turang,SP. Sudarti, Ben Kumontoi, Ir.Bahtiar,MS. Max Runtu,SP.