JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
 

KEBERRHASILAN MKRPL DI KABUPATEN MINAHASA UTARA

Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) merupakan salah satu upay adalam implementasi program percepatan penganeka ragaman pangan menuju kecukupan dan kemandirian pangan rumah tangga tani serta menuju pola pangan harapan pada tahun 2014 sebesar 93,3.

Kabupaten Minahasa Utara tahun ini dirancang untuk dilaksanakan model rumah pangan lestari di salah satu pedesaan yang ada. Hal ini dilakukan karena desa ini sumberdaya lahan pekarangan belum dikelola dengan baik. Paling hanya ditanami bunga untuk hiasan halaman dan belum pada menghasilkan tambahan pendapatan untuk keluarga. Penduduknya juga belum mengenal/mengetahui:

1. Teknologi mengelola sayuran, baik sayuran yang ditanam di pekarangan atau dalam polibag.

2. Teknik mengelola tanaman obat keluarga (Toga)

3. Belum mengetahui pengolahan skala rumah tangga untuk beberapa produk pertanian (Abon cabe ,kripik bayam , aneka instant dll)

Keberhasilan yang dapat dilihat dari kegiatan ini adalah :

- Awalnya kegiatan ini yang melakukan hanya 20 KK yang tersebar pada jaga satu saat ini telah berjumlah 25 RTT juga kegiatan ini telah diikuti oleh jaga lain dalam penyebaran benih untuk rumah tangga melalui kepala-kepala jaga yang ada di tujuh dusun di desa Dimembe .

- Respon dari warga gereja untuk melaksanakan kegiatan ini di rumah tangga di Jemaat melalui Ketua BPMJ..

- Tim penggerak PKK kecamatan merespon baik kegiatan ini dengan membangun / melaksanakan pemanfaatan pekarangan didepan kantor camat yang dikoordiiner langsung oleh ibu Camat Dimembe

- Respon kecamatan , kabupaten , BP4k , BP3K dan ketahanan pangan akan kegiatan ini sangat baik terlihat dari keterlibatan mereka dalam kegiatan ini juga dalam temu lapang

- Terjadi peningkatan Pola pangan Harapan di desa Dimembe dari 78,8 menjadi 80,3

- Terjadi penekanan anggaran pengeluaran Rumah tangga sebesarRp 5000 – 7500 / hariatausekitarRp 150.000 – Rp 225.000,- / bulan.

- Terjadi peningkatan pengetahuan tentang cara bercocoktanam sayuran di pekarangan dengan berbagai model ,tentang pengolahan aneka instant, kripik bayam dan abon cabe (*art)

Sumber: Laporan Kegiatan 2012.