JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
 

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) Di Desa Pulutan Selatan Kecamatan Pulutan Kabupaten Kepulauan Talaud

Rumah pangan merupakan konsep pemanfaatan lahan pekarangan untuk mendukung ketahanan pangan dengan memberdayakan potensi pangan lokal.

Ketersediaan jenis pangan dan rempah yang beraneka ragam dapat tumbuh dan berkembang dengan mudah di wilayah kita ini. Namun demikian realisasi konsumsi masyarakat masih dibawah anjuran pemenuhan gizi. Oleh karena itu salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan gizi masyarakat harus diawali dari pemanfaatkan sumberdaya yang tersedia maupun yang dapat disediakan di lingkungannya. Upaya memanfaatkan pekarangan yang dikelola oleh keluarga.

Manfaat yang akan diperoleh dari pengelolaan pekarangan antara lain dapat: memenuhi kebutuhan konsumsi dan gizi keluarga, menghemat pengeluaran, dan juga dapat memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga. Untuk menjamin keberlanjutan usaha pemanfaatan pekarangan, maka ketersediaan bibit menjadi yang menentukan keberhasilan. Oleh karena itu dibangun Kebun Bibit Desa (KBD) dan dikelola secara baik.

Keberlanjutan pengembangan rumah pangan lestari dapat diwujudkan melalui pengaturan pola dan rotasi tanaman termasuk model diversifikasi yang tepat sehingga dapat memenuhi pola pangan harapan dan memberikan kontribusi pendapatan keluarga.

Keberhasilan : 1. Optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan untuk terpenuhinya kebutuhan pangan. 2. Adanya penghematan biaya rumah tangga sebesar Rp 10.000 s/d Rp 20.000. 3. Budaya/kebiasaan pemanfaatan pekarangan dengan menanam tanaman pangan sudah mulai terlihat dari 20 RT menjadi 40 RT. 4. Lestarinya tanaman-tanaman lokal melalui kegiatan MKRPL seperti talas/keladi dan kacang-kacangan serta sayuran. 5.Tumbuhnya Ekonomi produktif yang mampu meningkatkan kesejahteraan dengan adanya pemasaran hasil dari kegiatan di pekarangan. 6. Dengan dilaksananya kegiatan ini pelestarian lingkungan tercipta.(*). 

sumber: laporan tahun 2012