JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) Di Desa Taratara III Kecamatan Tomohon Barat Kota Tomohon

Rumah pangan merupakan konsep pemanfaatan lahan pekarangan untuk mendukung ketahanan pangan dengan memberdayakan potensi pangan lokal. Ketersediaan jenis pangan dan rempah yang beraneka ragam dapat tumbuh dan berkembang dengan mudah di wilayah kita ini. Namun demikian realisasi konsumsi masyarakat masih dibawah anjuran pemenuhan gizi.

Salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan gizi masyarakat harus diawali dari pemanfaatkan sumberdaya yang tersedia maupun yang dapat disediakan di lingkungannya. Upaya tersebut ialah memanfaatkan pekarangan yang dikelola oleh keluarga.


Lahan masyarakat pada umumnya belum teroptimalkan dengan tanaman-tanaman yang memberikan efek manfaat, kini pada 20 keluarga yang terlibat dalam KRPL, telah menjadi teladan pada keluarga-keluarga sekitar dengan kegiatan menanam sambil mempertimbangkan efek manfaat dan keindahan.

Pengalaman menarik pendamping, ketika bersua pada beberapa keluarga, keindahan tanaman dalam pekarangan menyambut tim kerja. Beragam tanaman kebutuhan keluarga menghiasi pekarangan, namun sangat disayang kan buah tanaman tidak dipanen. Ketika coba ditanyakan alasan kenapa tanaman Tomat dan cabe tidak dipanen petani hanya menjawab dengan ekspresi senyum. Petani rasa bersalah, karena tidak melakukan panen, dan memberikan alasan sambil malu-malu "belum dipanen karena sayang, tanaman bagus-bagus menghias pekarangan".

Pengalaman lain ditemukan pendamping ketika bersua dengan pak Markus, kala itu saat memulai dengan penetapan awal kegiatan, tim kerja tidak direspons positif. Namun perubahan terjadi ketika kegiatan sudah berjalan sekitar 2 bulan, di rumah pak Markus sudah berdiri rumah makan bubur Manado. Ketika cobva dihubungi pak Markus, memberikan komentar bahwa " ternyata dengan kegiatan m-KRPL, mereka dapat mendirikan rumah makan dan sebagian halaman dimanfaatkan tempat olah raga bulu tangkis. Dengan demikian pendapatan keluarganya bertambah, imbuh nyonya pak Markus.

Ketersediaan bibit adalah kunci keberlanjutan pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. MKRPL di Kota Tomohon tepatnya di Taratara III dengan kordinat N.01.315450 dan E.124.783220, telah dikembangkan Kebun Bibit Desa yang melibatkan 20 kepala Keluarga, dan menjadi model bagi-ibu ibu sekitar desa.

Kegiatan ini telah membantu menutupi pengeluaran akan kebutuhan bumbu rumah tangga masyarakat.

Keberhasilan :
1. Optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan untuk terpenuhinya kebutuhan pangan pada 20 kepala keluarga dan saat ini sudah berkembang sampai 30 kepala keluarga. 2. Adanya penghematan biaya rumah tangga sebesar Rp 50.000-60.000/ bulan 3.Dengan dilaksananya kegiatan ini pelestarian lingkungan tercipta serta menciptakan sumber pendapatan baru berupa terbangunnya 1 unit rumah makan. 4. Secara social telah menjalin hubungan social yang positif dimasyarakat. 5. Terciptanya kegiatan social baru berupa kelompok ibu-ibu di rumah pangan lestari yang bekerjasama dalam membangun KRPL
Pengalaman pelaksanaan m-KRPL di Taratara Tiga dapat dilihat melalui Video di KLIK DI SINI : http://www.youtube.com/watch?v=26Ke4dpgKSg (*).