JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Wakil Bupati Minahasa Apresiasi Bantuan Saprotan Dan Alsin Akan Lebih Tingkatkan Produktivitas Petani Di Minahasa

Minahasa, 27/02/2020 - Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD) melalukan panen perdana Jagung Hibrida Nasional B-2.2, di hamparan pertanian luas 2 hekto are (ha), milik kelompok tani “TUMIHIMU” di Kecamatan Kakas (27/2/2020). Jagung ini adalah bagian dari bantuan dari pemerintah untuk memotivasi petani dalam kegiatan usahatani jagung untuk penuhi kebutuhan jagung di daerah dan keluar daerah.

Usai melakukan panen jagung unggul nasional, kepada media Wabub RD berharap kedepan, komoditi jangung dapat ditingkatkan produktivitasnya, untuk kesejateraan masyarakat petani di Kabupaten Minahasa. “Saya berharap panen jagung, di bulan-bulan berikutnya, agar bisa ditingkatkan produktivitasnya," imbuhnya.

Ditempat yang sama Kadis Pertanian Minahasa Yeittij Roring, yang mendampingi Wakil Bupati RD, menuturkan bahwa; Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa telah menyalurkan fasilitas pendukung pembangunan pertanian di Minahasa seperti: Traktor, Alat Panen dan Sarana Produksi Pertanian, ini diharapkan akan memberikan sugesti dan mendorong para petani untuk berusahatani.

Masih menurut Yetty, bahwa Dinas dan jajarannya di lapangan komitmen mendampingi petani dalam kegiatan usahatani, agar bantuan yang telah diterima petani, benar tergunakan dan memberikan dampak untuk peningkatan pendapatan petani di Minahasa.

Lanjut Roring, bahwa menghadapi fenomena global dengan dinamika tuntutannya serta harapa bapak Menteri Pertanian  agar data dan informasi akurat di tingkat kecamatan, untuk Pertanian Maju, Mandiri, Modern, maka seluruh pendamping lapangan (PPL) harus memastikan dengan tepat luasan dan bantuan yang diterima tepat sasaran dan tepat tergunakan serta menghasilka provit bagi petani.

Yetty, apresiasi Kementerian Pertanian yang mempercayakan kabupaten Minahasa menjadi daerah produsen benih unggul nasional jagung. Kabupaten Minahasa pada tahun ini, mengutip pernyataan Dr.Takdir Mulyadi, bahwa sedang perbayak jagung unggul nasional hasir anak bangsa. Benih jagung yang di produksi di Minahasa menurut direktur perbenihan Kementerian Pertanian dihadirkan untuk lebih dekat dengan petani dan diharapkan akan penuhi kebutuhan daerah sekitar, bahkan akan di ekspor ke negara tetangga.

Ikuti : Klik FACE BOOK  News Portal Sulut

Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara, Dr.Yusuf,MP. saat dihubungi menjelaskan: jagung unggul nasional yang di perbanyak di kecamatan Remboken, adalah program korporasi dengan luasan sekitar 200 ha. Kegiatan ini, melibatkan pendampingan bersama BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara, Dinas Pertanian Sulut, Balit Serealia di Maros, Pihak Perusahaan, Petani. Saat ini petani mulai melakukan panen dan prosesing oleh perusahaan dalam pengawasan BPSB dan pihak Barantan di Sulawesi Utara.

Lanjut Yusuf, upaya Kementerian Pertanian agar petani Maju, Mandiri, Moderen, bukan sekedar selogan saja tapi dengan komitmen. Hadirnya benih sedekat-dekatnya dengan pelaku utama, agar dinamika permasalahan perbeniha segera diatasi salah satu komitmen Kementerian Pertanian. Benih unggul nasional yang dihadirkan adalah bersumber dari karya anak bangsa dan sudah adaptif di Sulawesi Utara, tutup Yusuf.

Diketahui, bahwa panen jagung dilakukan Wakil Bupati Minahasa, dilahan kurang lebih dua hektare dengan jenis jagung unggul nasional  bisi B-2.2 tersebut potensinya dapat menghasilkan 5 hingga 6 ton perhektare.

Dalam kegiatan panen ini, Wabup RB, menyerahkan sertifikat kelompok tani kepada delapan kelompok tani, yakni Kelompk Tani Tumihimu, Nikita Waya, Mawar, Melati, Anggrek, Maju Bersama, Pisok, dan Matuari.

Kegiatan ini dihadiri oleh para kelompok tani petugas pertanian di lapangan, Wabup turut didampingi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara Revly Ngantung, dan Kepala Dinas Pertanian Mimahasa Yeittij Roring, Camat Kakas Jeane Sumendap.(*Artur)