JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Bitung Gandeng Bptp Balitbangtan Sulut Laksanakan Pelatihan Petani Dan Pelaku Agribisnis

BPP Madidir, Bitung 7 Mei 2019.--BPTP Balitbangtan Sulut semakin diakui keberadaannya sebagai sumber teknologi pertanian, dan kali ini oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung dipercayakan sebagai narasumber pada Kegiatan Pelatihan Petani dan Pelaku Agribisnis Kota Bitung tahun 2019.

Kegiatan yang diikuti oleh 77 peserta yang terdiri dari petani 40 orang dari 8 kecamatan dan 27 orang petugas.  Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap terutama kemampuan dan kecakapan para petani dan pelaku agribisnis dalam berinovasi, menggali, memanfaatkan dan memperoleh nilai tambah yang lebih dari sumber daya alam pertanian yang mereka miliki.

Pelatihan difokuskan pada komoditas jagung karena sebagai salah satu komoditas yang lagi digalakkan pemerintah melalui program UPSUS Pajale. Selain itu diberikan juga materi tentang komoditas tomat dan pala karena selain merupakan komoditas yang banyak diusahakan petani juga karena Bitung merupakan sentra pengembangan kedua komoditas tersebut.

Tim BPTP Balitbangtan Sulut yang diwakili oleh Kelji Pasca Panen dan Pengolahan Hasil Pertanian yang dikomandani bapak Ir. G. H. Joseph, M.Si dalam kesempatan ini menyampaikan materi dan praktek tentang 

aneka pengolahan buah pala, buah tomat dan pengolahan beras jagung (pengolahan dodol pala,  selai dan saus tomat, dan pengolahan beras instan jagung). Pada kesempatan ini pun peserta pelatihan langsung mempraktekkan bagaimana melakukan uji rasa hasil olahan yang diproduksi saat itu sehingga mereka pun nantinya diharapkan dapat mengevaluasi bahkan berinovasi dalam meningkatkan kualitas produk olahan mereka.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung, bapak Sony Wenas, S. Sos, MM.  Dalam arahannya disampaikan bahwa luas areal pertanian kota Bitung tidak sebesar daerah lainnya di Sulut dan lebih dikenal sebagai kota industri dan kota Pariwisata. Oleh karena itu maka fokus pembangunan pertanian pemkot Bitung  adalah menggalakan pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan, dimana untuk itu kota Bitung telah mendapatkan penghargaan lewat program KRPL. Disampaikan juga bahwa khusus untuk komoditas pala, tanaman pala di kota Bitung memiliki karakteristik yang khas yang berbeda dengan tanaman pala dari daerah lain dan sudah memperoleh sertifikasi sehingga saat ini pun pemkot Bitung memberi perhatian khusus untuk pengembangannya.

Harapan beliau melalui kegiatan ini petani yang hadir sudah bisa memproduksi hasil olahan sendiri seperti dodol pala, serta produk olahan dari jagung dan tomat dalam meramaikan home industry di kota Bitung.(*artur).

Sumber: Kasie KSPP