JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Hadirkan Situs Argowisata di Kebun Balitbangtan Pandu Sulawesi Utara

 

Kebun Percobaan Pandu, 27 Desember 2018.---Sebagaimana yang sudah diamanatkan, bahwa Tusi Kebun Percobaan memegang peran yang strategis dalam mendukung kinerja balai, demikian penyampaian kepala BPTP Balitbangtan Sulut Dr. Ir. Yusuf, MP mengawali silaturahim dan  penyampaian pengarahkan pada rapat  Rancangan Anggaran Pengembangan Kebun Percobaan Pandu Minahasa Utara.

Kebun Percobaan (KP) memiliki peran yang sangat strategis. Karena kebun sebagai sarana dan prasarana penunjang guna mendukung fungsi penelitian, pengkajian dan fungsi diseminasi inovasi teknologi pertanian. Dinamika fungsi kedepan kita harus optimalkan kebun sesuai dengan  harapannya dan fungsinya yaitu: 1). Sebagai lokasi penelitian dan pengkajian, 2).Sebagai tempat koleksi Plasma Nutfah (SDG), 3). Penghasil Benih Sumber, melalui kegiatan-kegiatan UPBS, 4). Sebagai Fungsi Produksi, 5). Show window hasil-hasil litkaji dan 6) Sebagai tempat Agrowisata.

Lanjut Penulis Buku Jeruk Keprok Soe, pengoptimalan sarana KP.Pandu, merupakan wujud dari pengamanan aset Barang Milik Negara (BMN), yang didalamnya sistim administrasi, Fisik fasilitas (mencegah terjadi penurunan fungsi BMN), Segi Hukum (pengamanan legalitasi kepemilikan, potensi permasalahan hukum dll). Memang kita sadari keterbatasan kita terkait Sumberdaya Manusia, Anggaran,itu bersama perlahan untuk melakukan perbaikan

Lanjut Yusuf, saya minta kepada kepala kebun bersama dengan perangkat yang ada di kebun, agar bersama-sama kita cermati tugas dan fungsi kebun kita. Karena dari 58 unit kebun Balitbangtan, dan kita salah satu dari BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara. Kita harus ada warnanya.Kita hiasi kebun kita dengan keragaman kegiatan Litkaji, sehingga tempat kita bukan hanya tempat litkaji tapi juga menjadi satu situs kunjungan Agriwisata di Sulawesi Utara, tutup beliau.  

Dalam kesempatan itu, Kepala KP. Ir.Erik Malia,MAgr. Memaparkan konsep pengembangan Pandu serta diskusi serta pembahasan interen terkait rencana pengembangan KP Pandu yang meliputi kegiatan diseminasi, litbang/pengkajian dan kegiatan revitalisasi sarana dan prasarana seperti perbaikan jaringan dan instalasi air, pagar, bangunan dan lainnya.

Pertemuan yang diikuti oleh, Victor D.Tutut,SPi.MSi.Kasie KSPP, Ir.Hartin Kasim Kasuba TU. Dr.Ir.Jefnii B.Markus Rawung,MSi. Koordinator PE.  para peneliti dan penyuluh senior serta staf KP.Pandu, dilanjutkan dengan peninjauan lapangan. (*artur).