JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Makanan Komplet Ala Petani Hasil Inovasi BPTP Balitbangtan Sulut Terbukti Dapat Meningkatkan Pertambahan Berat Badan Sapi Lebih Dari Satu Kilogram Per Ekor Per Hari

Tomohon,18 November 2018---Disela-sela acara Konverensi Nasional Kelapa dan International Coconut Conference ke-IX di Manado, para peserta memanfaatkan waktu untuk melihat dari dekat destinasi wisata Sulawesi Utara, termasuk kegiatan Pemeliharaan Sapi Sistim Tower di Minahasa Selatan (Minsel).

Menurut Ir.Paulus Paat,MP.,kunjungan Kepala BPTP Balitbangtan Riau Dr.Nana Sutrisna di pendampingan kawasan sapi desa Poopo Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minsel (17/11/2018), menjadi momen menarik oleh kelompok Batukurung, betapa tidak, Suryanto tidak menduga akan kehadiran sosok kepala BPTP dari Riau.

Kata Paul, beliau mewawancarai ketua kelompok tani Batukurung bapak Suryanto tentang inovasi kandang tower jerami dan pakan komplit penggemukan. Beliau juga sempat mengevaluasi kinerja Inovasi tersebut degan menimbang seekor sapi membandingkan dengan data 18 hari sebelumnya.

Ternyata dengan pakan komplet inovasi diterapkan petani dengan bimbingan peneliti, sapi mengalami kenaikan 19 kg. Artinya tambahannya lebih besar 1 kg per ekor per hari.

Beliau mengaku sangat puas di hadapan petani dengan kinerja mereka karena ternyata sangat menguntungkan, juga pupuk kandang laku dijual, tidak ada lagi limbah, komentarnya saat itu, ujar Paul.(#Artur)

Sumber: Paulus C. Paat