JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
 

Teknologi Spelok Gerakkan Pertanian di Sulawesi Utara

Manado, 30 April 2018--- Bertempat di ruang  F. J. Tumbelaka kantor Gubernur Sulut, para penggerak pertanian di Sulawesi Utara mengikuti kegiatan yang di kemas BPTP Sulawesi Utara dalam kegiatan Temu Aplikasi Teknologi Pertanian.

Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kinerja penyuluh sebagai ujung tombak penyuluhan maka Kementan melalui BPTP Balitbangtan Sulut bekerjasama dengan Pemda Prop. Sulut melaksanakan kegiatan Temu APTEK .

Acara ini dihadiri oleh Kadistanak Provinsi Sulut beserta staf, perwakilan peneliti, litkayasa, widyaiswara, guru SPMA, dosen Unsrat, KTNA, petani maju, petani kooperator, Balitbangda, BPTPH, BPSB, dan BPTP Sulut.

Kepala BPTP Balitbangtan Sulut Dr. ir. Hiasinta F. J. Motulo, M.Si  dalam sambutan mengatakan bahwa: dengan penyelenggaraan APTEK ini diharapkan dihasilkan  bahan usulan Rekomendasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi di Sulawesi Utara beserta umpan balik, masukan dan permasalahan pertanian guna perbaikan teknologinya.

Gubernur Sulawesi dalam sambutan yang dibawakan oleh Kadistanak Sulut Ir. Nouvly Wowiling, M.Si menyatakan bahwa: pemda sangat memandang penting acara ini karena yang dapat mengungkit peningkatan hasil petani adalah inovasi teknologi. Terutama teknologi spesifik yang telah dihasilkan oleh para pengkaji di Sulawesi Utara.

Teknologi merupakan kebutuhan, tanpa teknologi tak akan maju. Oleh karena itu, sejalan dengan kebijakan Distanak provinsi Sulut, maka model pertanian terintegrasi, berkelanjutan, yang modern sudah dilakukan Distanak Sulut yang dibangun berdasarkan koordinasi,  sinkronisasi, sinergitas dan komitmen bersama semua stake holder  lingkup pertanian Sulut.

Materi yang disampaikan pada acara ini adalah hasil-hasil Litkaji spesifik lokasi Sulawesi Utara seperti: Inovasi Teknologi Budidaya Padi produksi Tinggi, Inovasi Teknologi Perbenihan Jagung Hibrida, Diseminasi  Inovasi Teknologi Bawang Merah Varietas Unggul Lokal Lansuna, dan Inovasi Teknologi Kandang Tipe Tower Jerami.

Hasil Aptek ini segera dijawab Kadistanak dengan mencanangkan program kerja bersama dalam bentuk  Bimtek ke Kelompok-kelompok Tani di sentra-sentra produksi bawang merah, jagung dan kedelai.