JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
 

Wolaang Berkontribusi Untuk Cadangan Beras Bulog

Minahasa,09/03/'18---

Wolaang kemarin memberikan sumbangan 1 ton untuk cadangan beras pemerintah. Ketika tim kerja Sergab berkordinasidi wilayah Langowan, berhasil mendapatkan 1.000 kg beras dari gilingan pak Fransye Rewa.

Dari penelusuran tim, memang relatif menemui kesulitan, karena gabah petani dijemput langsung oleh tengkulak di sawah. Seperti yang dialami langsung tim kerja BPTP dan PPL di Langowan Timur. Ketika bersua dengan pak Boy Mumu, yang sedang melakukan panen. Pihak gilingan telah melepas karung dengan harga pembelian gabah Rp.380.000/ karung. 1 karung setara dengan 80 kg sampai 90 kg. Bila konversi ke baras sekitar 60 kg beras. Dan yang dipanen sekitar 15 karung.

Menurut petani, bila harga seperti saat ini, sebagai petani berterima kasih pada pemerintah, karena gabah dijemput tengkulak di sawah dengan harga cukup lumayan. Sehingga kata petani, bila pembelian gabah terus diatas Rp.350.000 per karung, petani berjaya. Tapi bila pembelian dibawah harga Rp.350.000, petani hanya pas-pasan saja pendapatannya. Tapi saat ini cukup lumayan, karena dijemput langsung pihak gilingan dan semoga akan terus lebih baik lagi kedapan.

Venomena ini, sedikit menyulitkan tim Sergab karena harga Bulong, sedikit dibawah pembeli lain. Karena Bulog cadangan yang harus disimpan lama. Beda dengan pembeli lain yang harus melayani konsumen dan tidak begitu lama disimpan, sudah disalurkan.

Untuk itu, harus tetap berkoordinasi dengan tim dan menjalin kerjasama dengan petani dan Gilingan serta memberikan penjelasan standar pengelolaan gabah menjadi beras yang berkwalitas pada petani, agar harga lebih baik yang diberikan Bulog pada petani. 

Memang ketika petugas BPTP dan PPL mencoba untuk menawarkan harga pada petani, sedikit diatas pembeli lain denganharga Rp.390.000, dengan agak ragu petani beralasan “ya, gilingan so kase karung’, gilingan telah memberikan karung ke petani. Tapi petani agak ragu dan sudah mau menerima, bila kita langsung bayar. Tapi karena belum juga ada uang dan masih berkordinasi dengan TNI, tim belum jodoh dapat Gabah petani untuk Sergab, saat itu.

Lain disawah, lain ketika BPTP dan PPL ke Gilingan pak Fransye Rewa, bersama dengan TNI, melakukan neko dengan Fransye, dan beliau bersedia memberikan 1 ton beras miliknya dengan harga Rp.9.000. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Bulog, pembayaran dilakukan dan segera diangkut ke Gudang Bulog Manado oleh TNI.

Sergab Minahasa berhasil mendapatkan 1 ton beras Ciherang pada bapak Fransye Rewa. Terima kasih pak Rewa atas kesediaan mengisi lumbung untuk cadangan beras kita di Sulawesi Utara. Dan bila ada lagi yang akan di giling, segera hubungi Sergab.

Kegiatan Sergab yang berkoordinasi dengan pihak kepolisian, menjadi menarik bagi masyarakat sekitar, karena baru kali ini ada kegiatan TNI,Polisi, Petugas Pertanian, dan BPTP Balitbangtan di Desa Wolaang. Hadir saat itu; Pasiter Kodim Minahasa Kapt. Inf. Juris Sahese, KoramilLangowan H.M.Langi, Babibsa se Langowan, Ka.Polsek Langowan Ipda Tasman Mandak, Bripka Mugiyono, Aiptu J. Kaparang, BPTP Balitbangtan Sulut, BPP Anneke Turangan, Hukum Tua Wolaang. (@acturang)