Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Download

Rumah Pangan

e-petani

Badan Litbang

Highlight

banner1
banner2

Kalender Kegiatan

coba

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Situs Web BPTP SULUT
Komitmen Membangun Pertanian Bersama TNI PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Arnold C.Turang.   
Selasa, 27 Januari 2015 17:57

Pakta Integritas Peningkatan Produksi Padi, Jagung, Kedelai di laksanakan bersama TNI-AD di Sulawesi Utara, dilaksanakan (27/01), walau rangkaian kegiatan sudah dimulai. Kegiatan bersama TNI-AD dan Pertanian di Sulawesi Utara, sudah dan sementara dilaksanakan.

Pencanangan kegiatan ini memang sudah dilaksanakan di 10 Kabupaten Kota di Sulawesi Utara, dan diawali dengan pencanangan pembangunan irigasi di Minahasa Utara. Kegiatan ini langsung di canangkan oleh wakil Gubernur Sulawesi Utara, dihadiri tim kerja UPSUS Pusat dan Komandan Korem 131 Santiago. Selanjutnya diikuti oleh 10 kabupaten dan kota lainnya di Sulawesi Utara, kata kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Ir. J. Panelwen.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk melengkapi komitmen bersama ini, dilaksanakan penanda tanganan Pakta Integritas Peningkatan Produksi PAJALE. Kegiatan ini dilaksanakan di Dinas Pertanian dan Peternakan provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutan Komandan Korem, menjelaskan bahwa komitmen bersama ini harus dilakukan sampai ke tingkat desa. TNI-AD siap dan selalu siap untuk mensukseskan kegiatan ketahanan pangan ini.

Kegiatan penandatanganan dihadiri oleh jajaran TNI-AD dibawa Korem 131 Santiago, Dinas Pertanian dan Peternakan BPTP Sulawesi Utara.

LAST_UPDATED2
 
Sulawesi Utara Targetkan Swasembada Beras 2015 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Arnold Turang dan Louise Matindas   
Sabtu, 24 Januari 2015 06:42

Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanakan) Provinsi Sulawesi Utara, tahun ini menargetkan produksi gabah kering giling (GKG) sebanyak 724.234 ton. Melalui pencapaian target ini, menurut Johanes Panelewen (Kadis Pertanian Peternakan) dapat membawa masyarakat di Sulawesi Utara swasembada beras.

Dalam perhitungan Distanakan Sulut, melalui pencapaian target produksi gabah keringgiling sebanyak 724.234 ton, diharapkan mampu menghasilkan produksi beras hingga 383.844 ton. Jumlah ini menurut Panelewen sudah sesuai dengan skenario pencapaian swasembada beras. Dimana dengan jumlah penduduk 2,46 juta jiwa dan jumlah konsumsi per kapita per tahun sebanyak 338.826 ton, perhitungan kami Sulut bisa surplus 49.018 ton.

"Skenario pencapaian target swasembada beras tahun ini, kami pastikan bisa capai target. Kendati demikian, ini tentu membutuhkan kerja ekstra. Sehingga pleh pemerintah pusat, untuk memenuhi target swasembada beras di Indonesia, perlu dilakukan Upaya Khusus (UPSUS), untuk meningkatkan produksi padi di Indonesia di samping produksi jagung dan kedelai bagi semua daerah di Indonesia", kata kadis.

Lebih lanjut dikatakannya,"Seluruh potensi dan sumber daya harus diupayakan secara maksimal dalam pencapaian target penigkatan produksi padi, program ini juga didukung sepenuhnya oleh TNI-AD. Penyuluh pertanian dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian sebagai sumber teknologi spesifik lokasi di Sulawesi Utara.

Sementara kepala BPTP Sulawesi Utara, Dr. Ir. Abdul Wahid Rauf, MS., mengatakan bahwa: Tim kerja BPTP Sulawesi Utara yang tergabung dalam tim kerja UPSUS Sulawesi Utara, sudah siap dengan teknologi-teknologi spesifik lokasi yang telah banyak di show window-kan di daerah, jadi tinggal pendampingan bersama agar harapan tidak hanya harapan, tapi harus dicapai.(*art)

LAST_UPDATED2
 
Walikota Tomohon Canangkan Irigasi Pendukung Swasembada Pangan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Jumat, 23 Januari 2015 09:54

 

Kamis,23 januari 2015, tepatnya jam 11.00, Jemmy F.Eman, SE.Ak. meletakan batu pertama pada kegiatan pembangunan jaringan irigasi tersier di kawasan kebun katumpaan Tomohon Barat kota Tomohon. Kegiatan tersebut diawali dengan ibadah yang dipimpin tokoh Agama.

Jaringan irigasi yang diperkirakan akan mengairi 100 ha lahan sawah dan 50 ha lahan tidur di kawasan katumpaan. Menurut kadis pertanian, bahwa produktivitas yang paling bagus di kota Tomohon, tepatnya di lokasi yang saat ini dibangun jaringan irigasi. Menurut Ervins, dengan dibangunya jaringan irigasi ini, akan lebih meningkatkan pendapatan petani sekitar, terutama menaikan IP di Tomohon Barat.

Kegiatan ini, dilaksanakan bersama TNI Angkatan Darat, sebagai motivator utama untuk menggerakkan petani yang sedang "tidur".

LAST_UPDATED2
 
Upaya Khusus Padi Jagung Kedele di Sulawesi Utara: Dicanangkan dengan Peletakan Batu Pembangunan Irigasi Tersier di Minut. PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Arnold C.Turang, Rita Novarianto, Jemi Wenas   
Rabu, 21 Januari 2015 13:50

 

Visi Presiden Jokowi menjadikan Indonesia sebagai negara Swasembada, di tindak lanjuti di Sulawesi Utara. Hal ini terlihat dengan hadirnya kordinator sub tim Upaya Khusus (UPSUS) peningkatan produksi padi, jagung, kedelai di Sulawesi Utara Ir. Rudy Tjahyohutomo,MT. Bersama timnya hadir di Minahasa Utara dalam rangka pelaksanaan pencanangan gerakan perbaikan irigasi di Sulawesi Utara.

Tindak lanjut dari kegiatan tim UPSUS Sulawesi Utara,  dinyatakan Pemerintah provinsi Sulawsi Utara, dengan menunjukkan komitmenya membawa Sulut menuju kedaulatan pangan tahun 2015. Komitmen tersebut seperti di jelaskan Gubernur dalam sambutan pencanangan di desa Lembean Kecamatan Kauditan Minahasa Utara: menargetkan produksi padi hingga 725 ribu ton, Jagung 653 ribu ton pipil kering serta kedelai 24 ribu ton biji kering.

Keyakinan ini didukung oleh pihak TNI-AD, dalam menjalankan fungsi motivator dilapangan dalam menggerakkan masyarakat. Bahkan bila perlu membangunkan petani dari tidur dan menjemputnya untuk turun kesawah, imbuh gubernur yang diwakili oleh Dr.Jauhari Kansil,MPd.

Saat ini, Indonesia masih import beras, gula, hingga jagung. Karenanya, pak Presiden Jokowi, menghimbau agar seluruh rakyat Indonesia, khusus petani dapat memproduksi pangan dan memanfaatkan lahan tidur untuk dijadikan lahan pertanian. Sehingga dalam dua hingga tiga tahun kedepan, Indonesia sudah bisa swasembada, kata ketua Tim Upsus di Sulawesi Utara Rudy Tjahjohutomo, MT. Ini harus kita wujudkan dengan kita kerjasama dengan TNI, dan dukungan masyarakat Sulawesi Utara.

Pembangunan irigasi sepanjang 2.600 meter di area  perkebunan Tumaratas desa Lembean, diharapkan dapat mengairi 100 ha lahan aktif dan 100 ha lagi yang saat ini sedang dibuka oleh TNI-AD, kemudian setelah dapat diolah akan diserahkan pada masyarakata tani untuk dilanjutkan pengolahan.

Kegiatan dihadiri oleh sekitar 250 orang petani dan instansi terkait seperti: Pihak Perbankan dari BI, KTNA, Toko Agama, Bupati Minahasa Utara, Sekda, BP4K, Dinas Pertanian Peternakan Minahasa Utara, TIM dari BPTP Sulawesi Utara, BPTPH, Balai Benih dan masyarakat sekitar.

Menurut kepala BPTP Sulawesi Utara, Dr. Ir. Abdul Wahid,MS. bahwa sebelumnya Senin (19/01) tim kerja UPSUS Sulawesi Utara, juga hadir pada pencanangan gerakan perbaikan irigasi di Bolmong yang dihadiri oleh Bupati Bolmong Salihi Mokodongan.(*Artur )

LAST_UPDATED2
 
Sulut Rapatkan Barisan Mendukung Kedaulatan Pangan Nasional PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Selasa, 13 Januari 2015 18:05

Tim Upaya Khusus (UPSUS) Padi Jagung dan Kedelai, merapatkan barisan bersama dengan TNI, Dinas Pertanian se Sulawesi Utara.

Kegiatan ini langsung di pimpin oleh tim UPSUS Pusat untuk Sulawesi Utara, yang di ketuai oleh Dr. Ir Rudy, dari Badan Litbang Pertanian, dan tim kerja UPSUS Sulut dengan anggota: Dr. Dedy Rochyadi, dr.Sujarwanto dan Dr. Ir.Abdul Latif Rauf,MS., kepala BPTP Sulawesi Utara. Pertemuan yang dikordinasikan di Dinas Pertanian dan Peternakan Sulawesi Utara di Kalasey.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh seluruh kepala dinas pertanian se provinsi Sulawesi Utara, Produsen Pupuk, Kodim-Kodim se Sulawesi Utara, Kasiter Korem, media masa. Dalam pertemuan tersebut tidak dihadiri oleh Balai Sungai, yang sangat penting hadir, karena simpul yang sangat penting dalam mendukung kegiatan ini.

Kehadiran pihak TNI sangat diharapkan menjadi pengungkit utama dalam menggerakkan progarm Upaya Khusus memantapkan ketersediaan pangan di Sulawesi Utara.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com