Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Download

Rumah Pangan

e-petani

Badan Litbang

Highlight

banner2
banner1

Kalender Kegiatan

coba

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Situs Web BPTP SULUT
Peningkatan Kapasitas Jejaring Pelaku Inovasi Melalui Komunikasi Tatap Muka PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Arnold Turang   
Kamis, 27 November 2014 12:41

Kencangnya perkembangan teknologi pertanian yang di inovasikan para peneliti dan pengkaji dalam bidang pertanian, membutuhkan saluran yang tepat agar cepat bermuarah ke pengguna.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara, sebagai satu spektrum sarana Diseminasi  Badan Litbang Pertanian di Sulawesi Utara, penting menjalin Jejaring dengan para pelaku Inovasi, untuk menjadi spektrum multi cannel diseminasi hasil-hasil kajian Badan Litbang Pertanian.

Terkait dengan itu, di Kota Tomohon, tepatnya di P4S Sahabat Tani, melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas Jejaring Pelaku Inovasi Melalui Komunikasi Tatap Muka yang di inisiasi oleh Ir. Rita Novariatno, MSi.,menjalin para pelaku Inovasi di Sulawesi Utara

Kegiatan dibuka oleh: Kepala BP4K Kota Tomohon Ir.Jantje Ering. Dalam sambutan, kepala BP4K Kota Tomohon, menggambarkan potensi kota Tomohon sebagai kota Bunga, yang telah men louncing 2 Varietas Unggul Lokal Krisan. Dari Kegiatan usahatani Flori ini telah mengangkat kota Tomohon ke tingkat Dunia dengan kegiatan Tounamen Of Flower.

Terkait dengan kegiatan peningkatan kapasitas jejaring pelaku inovasi melalui komunikasi tatap muka, diharapkan akan menjadi sarana bagi pelaku utama dan usaha untuk berkomunikasi dan mengkomunikasikan hasil-hasil kajian. Sehingga para peserta dapat menjalankan fungsi sebagai petugas penghubung (Liason Officer LO) dengan user.

Pembukaan kegiatan, dihadiri oleh: Mewakili kepala BPTP Sulut Victor Daniel Tutud,Spi.,MSi. 50 Peserta yang terbagi atas: Penyuluh BP4K, Peneliti dan Penyuluh BPTP, Tokoh-Tokoh Agama, Pengelolah P4S Se Sulawesi Utara. (*art)

Sumber: Rita Novarianto

LAST_UPDATED2
 
Beberapa Inovasi Olahan Pangan Lokal BPTP di HPS Sulawesi Utara PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Kamis, 27 November 2014 11:28

Minahasa---BPTP Sulawesi Utara sebagai ujung tombak diseminasi inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian di Daerah, berpartisipasi dalam perayaan hari pangan se dunia (HPS) tingakt provinsi Sulawesi Utara yang dipusatkan di kabupaten Minahasa (26/11).

BPTP menampilkan hasil olahan mie bahan baku dari umbi-umbi lokal yang banyak tersebar di Sulawesi Utara. Umbi selain dibuat mie instan, juga dibuat olahan es krim.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa 26 Nopember 2014 dibuka oleh Asisten III Bidang Ekonomi Pembangunan Drs. Sanni Parengkuan,MAP. Dalam sambutan, Sanni menguraikan singkat perayaan hari pangan ini. Diawali dari FAO dalam menyediakan pangan bagi masyarakat miskin di Dunia. Maka pada tanngal 16 Oktober telah ditetapkan sebagai perayaan Hari Pangan di Indonesia.

Terkait untuk ketersediaan pangan dimana pertambahan masyarakat semakin meningkat dan ketersediaan pangan semakin berkurang, dijelaskan perlu merobah pola makan untuk mengurangi tingkat konsumsi pangan seperti beras, dan mengganti dengan kekayaan lokal seperti ubi atau sebagai sumber daya subtitusi.

 
Dukungan BPTP Sulawesi Utara Pada Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian di Minahasa PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Kamis, 20 November 2014 13:44

Dukungan BPTP Sulawesi Utara Pada Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian di Minahasa, dengan menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan Managemen Agribisnis dan Teknis Penyuluhan terimplementasi pada Cyber Extension.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BP4K Minahasa Ir. Suhban F.Torar. dalam sambutan Torar berharap agar para penyuluh yang ikut dalam kegiatan ini, memanfaatkan pelatihan ini dengan baik dan harus mampu melakukan ketika sudah di BP3K nanti.

Materi-materi disampaikan dari BPTP Sulawesi Utara, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Minahasa, Badan Ketahanan Pangan dan dari BP4K Minahasa.

Tim pemateri dari BPTP Sulawesi Utara mendapatkan materi: Metode-metode Pembuatan Demplot, Kaji terap, Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dala Penyuluhan Pertanian, teknik mendesign bahan penyuluhan melalui Cyber Extension.

Dalam kesempatan tersebut, Arnold C. Turang,SP. mensosialisasikan program-program kegiatan BPTP, Aplikasi situs KATAM, Situs Website BPTP serta pengenalan tentang Undang-Undang keterbukaan Informasi yang dikembangkan dari hasil pertemuan PPID di Surabaya.

Kegiatan yang di formulasi dalam 2 angkatan, menjadi titik ungkit jalinan keterpaduan kerjasama dalam mendukung Misi "Kerja,Kerja dan Kerja" yang harus terimplementasi di tingkat lapangan bersama petani.(*art)

LAST_UPDATED2
 
Pendampingan SL-PTT Jagung Bersama Kodim Manado PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Selasa, 18 November 2014 11:35

Manado---Kepala BPTP Sulawesi Utara Dr.Ir.Abdul Wahid Rauf,MS. menghadiri acara ketahanan Pangan Bersama TNI Angkatan Darat dalam kegiatan penanaman Jagung Bisma (12/11).

Kegiatan ini menurut Dandim Manado Dino Martino, adalah kelanjutan kegiatan bersama BI-BPTP dan TNI, dalam mendukung program ketahanan pangan.

Dalam Sambutan Dandim sangat berharap, agar masyarakat memanfaatkan lahan pertanian dengan tanaman-tanaman bermanfaat. Dengan memanfaatkan lahan pertanian, diharapkan pendapatan masyarakat akan meningkat. Dan akan menekan angka kerawanan sosial dimasyarakat.

Lebih lanjut dijelaskannya, setiap kali tangan kita melepaskan benih jagung, kita katakan kebaikan. Dalam acara penanaman perdana yang dihadiri dari Bangk Indonesia, BPTP Sulawesi Utara, Bank Sulut dan Bank Mandiri, pak dino mengajak peserta yang akan menanam, agar mengatakan kebaikan setiap melepaskan benih jagung. Dengan demikian akan semakin banyak kebaikan yang kita tanam.

Pihak TNI sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, bersama-sama masyarakat mendorong menggalakkan menanam. Pihak Bank diharapkan akan selalu menfasilitasi bantuan dan pihak BPTP pendampingan teknologi di lapangan. Dengan kita bekerjasama, akan meringankan kerja kita semua.

Menurut Kapten Vintjen Pasiter Kodim Manado, kegiatan penanaman Jagung pada lahan dengan luas 8 Ha, ditanam Jagung Bisma luas 6 Ha dan Jagung Hibrida luas 2 ha, mengacu pada teknologi dari BPTP Sulawesi Utara. Menurut Kepala BPTP Sulawesi Utara Dr.Ir.Abdul Wahid Rauf,MS., dimana peran BPTP sebagai fungsi pendampingan teknologi dilapangan bekerjasama petugas lapangan (PPL) di Dinas Manado.

Masih menurut Abdul Wahid, bahwa teknologi yang diterapkan mengacu pada Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT), menggunakan Benih Unggul, Pemupukan sesuai rekomendasi spesifik lokasi diikuti dengan penerapan ketepatan waktu melakukan pemupukan, tepat dosis yang dianjurkan serta cara pemberian harus di tugal diantara tanaman dan ditutup.(*art).

LAST_UPDATED2
 
40 Tahun Badan Litbang Pertanian di Maknai dengan Panen Inpari-28 di Minahasa Kerjasama dengan PKT dan BP4K Minahasa PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Rabu, 15 Oktober 2014 16:47

Koya Minahasa---Rangkaian perayaan HUT Ke-40 Badan Litbang Pertanian, dimaknai dengan: Panen Perdana dan Temu Lapang Pemupukan Berimbang, kegiatan kerjasama BPTP Sulawesi Utara bersama Pupuk Kalimantan Timur (PKT) dan BP4K Minahasa.

BPTP Sulawesi Utara sesuai dengan Visi dan Misi, berupaya terdepan dalam memberikan pelayanan Teknologi Inovasi Spesifik Lokasi. BPTP, menyambut baik kerjasama Demplot Pemupukan Berimbang yang dijalin bersama ini, mengingat kerjasama penting dalam mencapai sukses P2BN.

Menjawab keterbatasan benih padi Unggul di Minahasa, BPTP sesuai dengan permintaan BP3K Tondano Selatan, mendatangkan Inpari-28 dari Balit Padi Sukamandi, dengan harapan dapat berkembang di Minahasa. Benih 20 kg yang didatangkan, dikembangkan melalui kegiatan Demplot Pemupukan Berimbang mendukung SL-PTT Padi Sawah di Minahasa.

Tampilan tanaman yang baik, walau menghadapi kondisi cuaca yang relatif kurang bersahabat (karena panas), Inpari 28 mampu melalui hingga hari ini telah dilakukan panen Perdana oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

Hasil perhitungan ubinan dari 3 versi : Versi pengalaman petani dalam hal menghitung, hasil diperkirahkan hanya sekitar 7,2 ton per hekto are; Versi BP4K ubinan 2,5 x 2,5 hasil 8 ton per hekto are dan hasil perhitungan tim BPTP dengan ubinan 10m x 10m, mendapatkan hasil 7,5 ton per hekto are. Hasil yang dicapai walau dalam kondisi yang relatif kurang baik, namun dari potensi Inpari-28 dapat mencapai 9 ton per hekto are, sudah cukup lumayan imbuh petani pelaksana.

Kegiatan Panen perdana dan peringatan 40 tahun Badan Litbang Pertanian di Minahasa, dihadiri langsung dari PT. Pupuk Kaltim Kepala Penjualan Sulawesi 2 Tumpal Pangabean, Kepala Penjualan Sulut Gorontalo Malut Yohanes Arief, Kepala Distribusi Sukiman Ahmad, Kepala BPTP Sulut, Kepala BP4K Minahasa Ir.Suhban F.Torar, Kadis Pertanian dan Peternakan Minahasa, Camat Tondano Selatan Robert Ratulangi, Lurah Koya, Ketua-Ketua Kelompok se Tondano Raya, Kepala-Kepala BP3K se Tondano Raya, Kelompok-kelompok tani sekitar, Peneliti dan Penyuluh di BPTP Sulawesi Utara.(*at)

Ikuti: Deskripsi Inpari 28 http://www.litbang.deptan.go.id/varietas/one/846/

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com