JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mengenal Pisang Goroho (Musa acuminafe,sp)

Mengenal Pisang Goroho (Musa acuminafe,sp).

Oleh: Arnold C. Turang,SP.


Pisang adalah tanaman buah, sebagai sumber vitamin dan karbohidrat. Di Indonesia, pisang yang ditanam baik dalam skala rumah tangga ataupun perkebunan kecil, pemeliharaannya kurang intensif. Untuk itu perlu suatu cara pendekatan khusus, agar tanaman pisang dikenal manfaatnya oleh masyarakat.

Tanaman pisang banyak berkembang di indonesia dan memiliki keragaman jenis dan bentuknya serta kandungan manfaat didalamnya. dalam tulisan ini akan memperkenalkan tanaman pisang khas di Sulawesi Utara, dengan nama Pisang Goroho. Tanaman ini cukup terkenal bagi masyarakat Sulawesi Utara karena memiliki nilai manfaat yang tinggi. Penggunaan Pisang Goroho di masyarakat Sulawesi Utara sejak jaman Nenek Moyang dahulu. Pisang Goroho umumnya hanya tumbuh di samping-samping rumah, atau dikebun di pingiran kebun atau larikan tengah kebun.

Penggunaan pisang Goroho, umumnya di jadikan pisang goreng, pisang rebus. Kue pisang goroho biasanya disajikan pada saat akan minum kopi pagi, sore hari setelah melakukan pekerjaan. Selain untuk saji saat minum kopi, pisang goroho juga digunakan oleh orang-orang yang menderita diabetes.

Pisang Goroho, merupakan sumber makanan masyarakat Minahasa sejak dahulu. Buah pisang goroho sangat disenangi karena sangat enak dijadikan kue pisang goreng karena enak dan gurih. Saat ini pisang Goroho juga dijadikan makanan utama penderita diabetes

KLASIFIKASI TANAMAN
Klasifikasi dan penamaan Pisang Goroho:

Kerajaan : Plantae
Devisi : Magnoliophyta
Kelas : Lilopsida
Bangsa : Zingiberales
Suku : Musaceae
Marga : Musa
Jenis : M.acuminafe

sumber: Steenis,CGGJ 1980.


MORFOLOGI TANAMAN
Tanaman Pisang memiliki morfologi sebagai berikut:

  1. Pohon: Batang  tegak akar memiliki susunan yang kuat. Batang semu tersusun oleh pelepah daun
  2. Daun : Daun terpencar, meruncing ujung tumpul, tepi rata dan muda robek.
  3. Tangkai daun agak panjang dan lebar.
  4. Bunga: majemuk dengan tangkai yang panjang dan kuat, ada yang berbulu ada yang tidak, bunganya banyak
  5. Buah: hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, tapi pisang goroho ketika masak warnanya hijau agak kekuning-kuningan tapi tidak kuning

Bagian pisang yang digunakan sebagai obat adalah: Buah Pisang, Bunga Pisang (Jantung) Tunas/anak Pisang, Batang pohon pisang, kulit buah pisang dan getah pelepah daun pisang. Batang pisang juga bagi orang Minahasa dijadikan sayur.

HABITAT DAN PENYEBARAN

Pisang adalah tanaman buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Afrika, Madagaskar, Amerika Selatan dan Tengah. Tanaman ini bertumbuh, menghendaki iklim tropis panas dan lembab, terutama didataran rendah.

KANDUNGAN KIMIA DAN KHASIAT

Kandungan yang terdapat pada setiap buah pisang, secara umum adalah vitamin A. vitamin B1, vitamin C. Lemak mineral (kalium,klor,natrium, Magnesium, Fosfor). Karbohidrat, Air, Zat Putih Telur dan Serat.
Pisang dapat digunakan bagi ibu hamil, untuk penyakit usus dan perut. Bagi luka bakar, bagi kecantikan,bagi Diabetes Melitus, pada pendarahan rahim, merapatkan vagina, Ambein, Cacar Air, Tenggorokan Bengkan dan sakit kuning atau lever.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.